MENU

Kamis, Januari 1

Sungai Manna Tanjung Sakti, Menantang Para Penggemar Arung Jeram

Bagi anda yang ingin merasakan desiran adrenalin dan melepas kepenatan setelah bekerja, wisata arung jeram bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat. Arung jeram merupakan perpaduan antara wisata dan olah raga. Mengarungi jeram di hulu Sungai Manna, Tanjung Sakti (sebelah Tenggara Gunung Dempo) sangat mengasyikkan dan sekaligus mendebarkan. 

Terletak di wilayah Kecamatan Tanjung sakti Kabupaten Lahat, atau sekitar 30 km dari kota Pagaralam, Sungai Manna yang membelah bagian Selatan Provinsi Bengkulu ini bagian hulunya berada di wilayah Sumatera Selatan. Kondisi geografis wilayah sebelah barat Sumatera Selatan yang berbatasan dengan Bukit Barisan, menjadi "surga" bagi Petualang yang suka dengan tantangan dan pengalaman baru. Sejumlah anak sungai yang berarus deras dan berjeram (white water) tersebar di berbagai lokasi.

Kecamatan Tanjung sakti yang berada di Bukit Barisan, menjadi tempat yang biasa digunakan penggemar olahraga arung jeram untuk menyalurkan hobinya. Lokasi ini biasanya dipilih, karena menjadi titik terdekat untuk turun ke sungai. Dari tempat ini, keadaan sungai cukup lebar dan arusnya terdengar bergemuruh, sehingga bagi pengunjung yang senang berpetualang akan terangsang adrenalinnya.
Keadaan sungai ini memiliki tingkat kesulitan bervariasi, jadi setiap petualang disarankan untuk menggunakan pemandu (guide) yang berpengalaman. Tonjolan batu membentuk aliran air, menimbulkan bunyi gemuruh, untuk itu dibutuhkan tenaga ekstra untuk melewatinya. Tidak jauh dari tempat ini ada bagian sungai yang membentuk pelataran sepanjang 50 meter dengan keadaan arus yang tenang.
Sungai ini memiliki tingkat kesulitan bervariasi, keadaan sungai cukup lebar di bagian awal, sedangkan sepanjang 15 Km berikutnya terdapat jalur sungai yang sempit dan arusnya deras bergemuruh, sehingga cukup menantang bagi penggemar olah raga arung jeram.
Jalur sungai sangat jeram yang berupa patahan (hole) dengan dinding batuan padas di pinggiran sungai, serta keadaan arus di ujung jeram yang membentuk cekungan dan arus memutar. Jeram Sungai Manna mempunyai kategori kesulitan maksimal grade-IV.
Keindahan alam yang berupa tebing-tebing di kiri-kanan sungai menawarkan keindahan alam hutan hujan tropis yang sangat memukau.
Lokasi start awal Jeram Manna berada di wilayah Kecamatan Tanjungsakti Kabupaten Lahat, atau sekitar 40 Km dari Kota Pagaralam.
Peminat olahraga ini tidak perlu khawatir dengan akomodasi dan fasilitas arung jeram. Di Kota Pagaralam tersedia peralatan arung jeram dan juga ada kelompok pemandu yang siap membantu para petualang, mereka tergabung dalam organisasi FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia) Pagaralam.

(Sumber : www.wisatamelayu.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar